Langsung ke konten utama

Pelihara Ikan

udah lama pengen ngetik tapi ketunda mulu, sibuk :p
singkat cerita aku suka banget sama yang namanya ikan.. 
banyak banget ikan ikan lucu ❤ tapi aku pilih ikan molly 
karena aku tau diri..... *sad

ya aku tau, ngurus diri sendiri belum becus. gimana nanti kalo udah punya suami? ☺ *ehh

ikan molly (ikan balon) terkenal dia kuat sih, jadi aku berani pelihara. aku gamau aja ambil resiko dengan kemungkinan terburuk, kalian pasti tau rasanya gimana kalo peliharaan kita kenapa kenapa. 
gaes, kalo kita udah mutusin pelihara sesuatu.. PLEASE, take care of it ! mereka bukan benda, mereka punya nyawa. 

singkat cerita, salah satu ikanku melahirkan 10 burayak (anak ikan). seneng banget akutuuuh >.<
banyak teori diluar sana "memisahkan burayak dari induknya". 
yap, emang bener induk ikan bisa saja memakan anaknya sendiri (karena dikiranya makanan), tapi kalian tau burayak memiliki insting untuk berenang menjauhi induknya setelah dilahirkan. Masyaallah.. ☺

sejujurnya dari awal aku emang gapunya niatan buat misahin anak dari induknya, bukan aku gak peduli sama si kecil kecil ku itu. aku cuma percaya aja mereka ga sejahat itu, mereka begitu karena kebiasaan mereka di dalam kandang yang berisi yang seumuran sama besar dan mereka melihat barang kecil yang dimasukkan kedalam kandang mereka itu adalah makanan. itusih menurut aku yaaa

aku mau si induk mengenal anaknya sendiri, melihat pertumbuhannya menjadi ikan dewasa. dan
aku mau si anak banyak belajar cara bertahan hidup, makan, mengenal lingkungannya.

nah, jadi... 
  1. aku taruh si induk dan burayak dalam satu wadah berdiameter sekitar 40-50cm, dengan air 15cm sampe 20cm an yang menurut aku cukup untuk si burayak melarikan diri dari molly dewasa. 
  2. di dalam wadah itu hanya ada 2 molly dewasa (induk & 1 lagi otw jadi mom) dan 10 ekor burayak. perbandingannya jangan sampe yg dewasa lebih banyak daripada si burayak. 
  3. jangan lupa, sediakan batu batu atau tanaman atau apalah yang sekiranya bisa buat si burayak sembunyi dari molly dewasa, kebayang kan capeknya lari terus. 
  4. JANGAN TELAT KASIH MAKAN!!! induknya jangan sampe kelaperan, karena bisa saja jadi gelap mata. oh iya burayak yg berumur <=3hari dia ga makan, karena dia nyerap nutrisi bawaan di perutnya.
hari ini si burayak berusia 13 hari (hampir 2 minggu) dan alhamdulillah masih full team dan makin gede. Masyaallah ☺
tapi aku sedih nih, induk molly yang satunya belum juga lahiran.. kita bahas next part yah..
ntar readernya ngomel ngomel kepanjangan hihi 

Komentar

  1. Min gw mau cerita, dulu kan gambil anaknya ikan di empang min,
    Habis itu gw taruh di aquarium ku giliran udah setengah gede ikan-ikanku berkaki semua min padahal dulu waktu gw ngambil gk ada kakinya min, kira-kira itu ikan apa min?

    BalasHapus
  2. Min, update cerita" mistis dong.

    BalasHapus
  3. How to get titanium white octane - Classicarts
    Shop our new best luxury line of titanium post earrings titanium white octane at TITanium titanium babyliss pro nano titanium curling iron white octane titanium spork is also babyliss pro titanium straightener a carbon fiber hot titanium trim walmart tub, this is for the

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Analisis Spasial (Spatial Analysis)

Analisis spasial adalah sekumpulan metode untuk menemukan dan menggambarkan tingkatan atau pola pada suatu fenomena spasial agar dapat dimengerti secara lebih baik. Metode dalam analisis spasial sangat bervariasi, mulai dari observasi visual sampai ke pemanfaatan matematika atau statistik terapan.  Berdasarkan tujuannya, terdapat 2 metode analisis spasial : Analisis Spasial Exploratory,  Digunakan untuk mendeteksi adanya pola khusus pada sebuah fenomenaspasial serta untuk menyusun sebuah hipotesa penelitian. Metoda ini sangat berguna ketika hal yangditeliti merupakan sesuatu hal yang baru, dimana peneliti tidak/ belum memiliki banyak pengetahuantentang fenomena spasial yang sedang diamati. Analisis Spasial Confirmatory, Dilakukan untuk mengonfirmasi hipotesa penelitian. Metoda ini sangat berguna ketika peneliti sudah memiliki cukup banyak informasi tentang fenomena spasial yang sedangdiamati, sehingga hipotesa yang sudah ada dapat diuji keabsahannya.  Analisis Spasial dalam p

Project GMAPS

Eh, hai.. ketemu lagi ^^ *sksd Singkat cerita aku dikasih project kelompok sama dosen GIS. Project nya itu disuruh bikin sistem informasi geografis pake Google Maps API bikin Geocoding dan Import file .csv yang nantinya diterjemahkan ke mapsnya gitu deh. Aku terkonfyuskonfyus gangerti mo ngerjainnya, finally aku nemu solusi di Google Developer dokumentasi. https://developers.google.com/maps/documentation/ Disanalah aku menemukan pencerahan hehehe Aku pake framework CodeIgniter di project ini, karena aku rasa lebih mudah pake framework daripada native karena lebih terstruktur ajasih alasannya wkwk Terus aku masukin script Geocodingnya, dan akhirnya jadi.. tinggal import.csv aja kan ya.. aku kesulitan disitu.. untungnya temenku baik banget (tengkyuuusoomach kacan dan yanglek) ^^ Oh iya, buat nampilin maps harus cantumin API Key nya di script project nya yah.. Ingin banget aku tampilkan project kelompok aku disini, unfortunately beberapa hari lalu laptop aku gelap aja dan anten